Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng

Evav.News- Tinggal Selangkah lagi Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng bakal jadi tersangka dalam kasus penyebaran video mesum mantan Anggota Dprd di Timika.

Pasalnya   Kepolisian Daerah Papua (Polda Papua) telah memberi sinyal merah, bilah  dalam waktu dekat akan  mengumumkan nama para tersangka, dalam  kasus penyebarluasan video mesum salah satu tokoh masyarakat di Kabupaten Mimika melalui media sosial whatsapp yang viral beberapa waktu lalu di Kota Timika.

Informasi dan data yang diperoleh media ini menyebutkan,  Bupati Mimika Eltinus Omaleng,  bakal dijadikan sebagai tersangka, karena sesuai fakta dan konstruksi kasus Hukum tersebut,  peran orang nomor satu di Kabupaten Mimika itu cukup jelas, dan meyakinkan sehingga tidak dapat  terbantahkan,  karena  dirinya turut membagikan video mesum mantan Anggota Dprd Mimika itu ke sejumlah grup Whatssapp di Kota Timika, sehingga video mesum itu sangat cepat beredar di Masyarakat.

Diketahui terkait kasus hukum itu, Kapolda Papua  Irjen Polisi Paulus Waterpauw telah mengeluarkan pernyataan bahwa   penyidik Subdit V Siber Dit Reskrimsus Polda Papua akan melakukan gelar perkara kasus itu pada Senin (12/10) dalam rangka meningkatkan status sejumlah pihak dari saksi menjadi tersangka.

“ Kemungkinan besar hari Senin depan akan dilakukan gelar perkaranya untuk peningkatan status dari saksi menjadi tersangka,” ucap Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw seperti dilancir dari berita ANTARA Sabtu (10/10/2020).

Kapolda menegaskan penyidik tentu tidak akan gegabah dalam menetapkan status seseorang dari saksi menjadi tersangka tanpa didukung dengan alat bukti yang cukup.

“Tentu perbuatannya memenuhi unsur pidana atau tidak. Ini kan menyangkut pelanggaran terhadap UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) serta UU Pornografi,” kata mantan Kapolda Sumatera Utara itu.

Kapolda menegaskan proses gelar perkara kasus video mesum sangat penting untuk mengetahui sejauh mana peran masing-masing pihak dalam penyebarluasan video berdurasi sekitar 58 detik itu sehingga membuat heboh warga Kota Timika pada Selasa (11/8) malam lalu.

“ Penyidik akan buka semuanya secara terang benderang, siapa berbuat apa dan lain-lain, kami menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik untuk mengungkap semuanya secara transparan,” kata Irjen Paulus. 

Diberitakan Media ini sebelumnya, Masyarakat Adat  Timika, yang tergabung dalam  Forum Pemilik Hak Sulung (FPHS) Tiga Kampung Tsinga, Waa/Banti dan Aroanop (Tsingwarop), Siap menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Mimika, bilah penyidik Polda Papua menetapkan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng jadi "tersangka" bahkan Masyarakat Adat siap menjamin Keamanan bilah Penyidik Polda Papua menahan, Eltinus Omaleng dalam kasus penyebaran video mesum tokoh masyarakat Mimika.

Hal ini disampaikan, Ketua FPHS Tsingwarop, Yafet Manga Beanal kepada awak media di Timika Minggu, (27/09/2020).

“ Dalam Proses Hukum, Kalau beliau ditahan, Saya menjamin tidak akan ada yang kacau balau di Timika. Malahan masyarakat menjadi gembira dan tenang, karena beliau telah menyakiti hati masyarakat," Ungkapnya.

Kata Beanal, Masyarakat Mimika mengharapkan Polda Papua  segera mengumumkan tersangka dalam kasus yang menonjol tersebut sehingga  menjadi efek jera, biar kejadian serupa tidak akan kembali terjadi di Mimika.

“ Kalau tidak diumumkan, kami bertanya kepada Bapak Kapolda, ada kepentingan apa," Ucapnya.

Dia menyebutkan masyarakat Mimika saat ini telah sadar akan hukum  sehingga tidak akan menghalang-halangi proses hukum dalam kasus tersebut.dimana yang bersalah harus ditangkap dan dibina.

“Kami seluruh masyarakat mendukung penuh proses hukum yang dilakukan dengan waktu yang cepat mengungkap pelaku dan penyebar video mesum di Timika, dimana yang bersala harus ditangkap,"Tegasnya. (by red)



Posting Komentar

Google+