Evav.News,- PT. Pertamina (Persero) terus mendukung program-program pemerintah di bidang pemberdayaan masyarakat dan lingkungan.

Hal ini terbukti saat kegiatan Peresmian Program Bina Lingkungan, kerjasama PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM) 2021, yang dipusatkan di Ohoi (Desa) Selayar, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara, Minggu (22/8/2021).


Hadir dalam kegiatan tersebut Manager Fuel Terminal Pertamina Tual yang diwakili Supervisor Receiving Storage & Distribution (Spv RSD) Pertamina Tual, Steven Kalengkongan, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemkab Malra, Andreas Savsavubun mewakili Bupati, Penjabat Kepala Ohoi Selayar La Hami Sampulawa, Dosen Pembimbing Dr. Antari Innaka Turingsih, pihak UMKM serta warga setempat.

Selain meningkatkan profit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Negara, Pertamina juga melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan salah satunya melalui SMEPP & SR (Small Medium Enterprise Partnership Program & Social Responsibility) atau lebih dikenal dengan sebutan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan).

Manager Fuel Terminal Pertamina Tual yang diwakili Supervisor Receiving Storage & Distribution (Spv RSD) Pertamina Tual, Steven Kalengkongan mengatakan, pihaknya akan terus mendukung kegiatan-kegiatan pemerintah.

Tanggung jawab sosial dan lingkungan oleh Pertamina melalui PKBL tersebut sesuai Peraturan Menteri (Permen) BUMN yakni Permen-02/MBU/7/2017 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

“Kami Pertamina sangat mendukung kegiatan mahasiswa UGM karena program ini merupakan program program dari pemerintah sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN Nomor 2 Tahun 2017,” jelas Kalengkongan.

Dikatakan, keikutsertaan dan keterlibatan Pertamina dalam mendukung Program Bina Lingkungan oleh Mahasiswa KKN-PPM UGM tersebut adalah bentuk komitmen tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

Kalengkongan berharap, semoga kerja sama ini berjalan dengan baik dan berkelanjutan dalam mendukung program pemerintah.

“Kurang lebih ada 8 program Desa Iklim dari mahasiswa UGM yang tertuang adalam proposal. Program-program tersebut sudah terlaksana dan ada pula yang sementara berjalan dapat dinikmati pula hasilnya oleh masyarakat. Harapan kami sebagai sponsorship semoga program-program ini harus berkelanjutan (suistanable),” tandas Kalengkongan.

Diketahui, PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua membantu kegiatan ini dengan dana senilai Rp 100. 000.000 (seratus juta rupiah). Dan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM Mahasiswa UGM ini telah berlangsung sejak tahun 2019 hingga sekarang dengan berbagai jenis program.


Pada kesempatan itu pula dilakukan penyerahan cendera mata dan kenangan-kenangan dari PT. Pertamina (Persero) MOR VIII Maluku-Papua kepada Pemda Malra dan pihak KKN-PPM UGM, serta penanaman pohon secara simbolis.(HAR)

Posting Komentar

Google+