Plh Ketua DPD KNPI Provinsi Papua, Benyamin Gurik

Evav.News, Jayapura
- DPD KNPI Provinsi Papua Meminta Pemerintah pusat dan semua pihak agar tidak menanggapi secara berlebihan, terkait keberangkatan Gubernur Papua, Lukas Enembe  dalam mnjalani pengobatan keluar Negeri, karena akan berdampak terhadap stabilitas keamanan di Papua.

Penegasan itu disampaikan Plh Ketua KNPI Provinsi Papua, Benyamin Gurik melalui presrelease resmi yang diterimah Redaksi Media Evav.News, Jumat (7/1/2022).

Benyamin mengatakan, Keberangkatan Gubernur dalam menjalani pengobatan dimanfaatkan oleh kelompok tertentu, dengan membangun narasi-narasi yang dihawatirkan akan berpotensi memecah belah anak bangsa di Papua.

" Gubernur sementara menjalani pengobatan diluar negeri namun hal ini dimanfaatkan oleh pihak tertentu, bahkan ada pernyataan yang meminta presiden agar mengganti Gubernur Papua, nah disini Pemerintah pusat harus jelih karena bilah terjadi pergantian, maka sangat berpotensi terjadinya konflik horizontal yang berdampak pada perpecahan di Papua," tegas Benyamin. 

Benyamin menegaskan, Proses keberangkatan Gubernur Papua ke Luar Negeri telah sesuai dengan prosedur dan mekanisme karena sudah melalui tahapan ijin  Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

" Keberangkatan Gubernur sudah sesuai regulasi, sehingga  kami meminta semua pihak terutama Pemerintah pusat untuk tidak merespon perjalanan Gubernur Papua secara berlebihan. Apalagi ada statemen untuk meminta pemerintah pusat memberhentikan Gubernur Papua.  pernyataan  tersebut memiliki potensi sangat besar menimbulkan konflik horizontal antar sesama anak bangsa di Papua," ujar Benyamin.


Kata dia, DPD KNPI Provinsi Papua bersama seluruh pemuda di provinsi Papua,  mendesak aparat Kepolisian agar mengambil langkah preventif, dengan  memanggil  para pihak yang sengaja memprovokasi kelompok masyarakat tertentu dan membuat pernyataan yang menimbulkan keresahan karena  berpotensi menimbulkan kemarahan masyarakat Papua, terutama pihak keluarga dari Gubernur Papua. 


" Kami DPD KNPI Provinsi Papua bersama seluruh pemuda di provinsi Papua menyatakan,  Mendukung Gubernur Papua, Bapak Lukas Enembe, S.IP, MH untuk dapat menjalankan tugas sampai berakhirnya masa jabatan sebagaimana diamanatkan di dalam Undang-undang," tegas Benyamin.


Sementara itu Sekretaris DPD KNPI Provinsi Papua, Semmy Kogoya menambahkan,    Pemuda Papua serta seluruh rakyat Papua diharapkan bersama-sama berdoa  sesuai ajaran agama masing-masing untuk para pemimpin di daerah masing-masing, terlebih khusus  Gubernur Papua, yang sedang Cek-up kesehatan dan berobat di luar daerah. 

" Kami DPD KNPI Provinsi Papua mengajak seluruh elemen Masyarakat di Tanah Papua, memanjatkan Doa sesuai ajaran masing-masing agar Pimpinan Daerah, dalam hal ini Bupati, Walikota serta Gubernur di Provinsi Papua agar diberi kesehatan," tandas Semmy.


Pewarta: Bahar

Posting Komentar

Google+