Agustinus Orosmona

Evav.News, Bintuni
- Forum Anak-anak Asli 7 Suku Peduli OTSUS Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat mendesak   Tim Pansel agar hasil seleksi Jabatan Esallon 2 3 dan 4 dilingkup PEMDA berpedoman pada UU Otsus dan PP 106.

Hal ini disampaikan Ketua Forum Anak-anak asli 7 suku peduli Otsus Kabuapten Teluk Bintuni, Agustinus Orosmona melalui keterangan tertulis Senin (24/5/2022).

" Kami mendesak Tim Pansel agar  menyerahkan hasil seleksi ke Bupati sehingga  Bupati memiliki waktu guna mengoreksi hasil seleksi tersebut sesuai kewenangan beliau," ujar Agustinus.

Agustinus menerangkan, PP 106 merupakan turunan dari UU Otsus dan itu sesuatu yang mutlak harus diperhatikan karena Papua dan Papua Barat memiliki kekukhsusan." Dalam PP 106 Pasal 29 tercantum jelas jadi kami berharap Pansel harus obyektif," Terangnya.

Lanjut Agus, Belajar dari pengalaman yang pernah terjadi sebelumnya, dimana waktu pengangkatan bendahara setiap OPD di Bintuni banyak kesalahan yang terjadi. 

" Belajar dari pengalaman ini, maka kami minta dengan hormat kepada  Panitia Seleksi agar hati - Hati dalam menjalankan tugasnya," tegas Agus

Agustinus Orosmona mengatakan, Sebagai Anak asli 7 Suku pemilik negeri Sisar Matiti, mengharapkan agar Panitia Seleksi memperhatikan aspirasi masyarakat adat 7 Suku di Kabupaten Teluk Bintuni.

" Kami berharap dalam keputusan seleksi nanti Tim pansel berpedoman pada UU Otsus dan PP 106 Pasal 29, sehingga Aspirasi Masyarakat 7 Suku dapat terakomodir, karena bila tidak merujuk pada regulasi yang sudah ada maka pertanyaan Kami adalah UU Otsus ini untuk siapa? Dan apa gunahnya PP 106 yang merupakan turunan dari UU Otsus," tandas Agustinus.

Ia menambahkan, UU Otsus Dan Turunanya PP.106 merupakan produk Negara yang wajib harus dilaksanakan.

" Kami suda menyerahkan Nama - Nama putera/ Puteri 7 Suku maupun Papua lainnya untuk dipromosikan  menduduki jabatan Esallon 2 3 dan 4 dilingkup pemda Kabupaten Teluk Bintuni kepada Bapak Bupati, dan kami berharap Pa Bupati sebagai anak Adat dan Beliau bagian dari Kami 7 Suku pasti mengakomodir aspirasi kami," Harapnya.

Agustinus menegaskan, Apabila hal ini tidak diakomodir secara baik, maka pihaknya  tidak berurusan dengan Bupati Kabupaten teluk bintuni,  tetapi akan berurusan langsung dengan panitia seleksi.(buce)


Editor: Latif

Posting Komentar

Google+