Kantor Kejaksaan Negeri Timika

Evav.News, Timika
- Buntut dari Penetapan tersangka dua aparat kampung bintang lima, distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika Papua, oleh Kejaksaan Negeri Mimika, menuai kritikan dari tokoh pemuda di Kwamki Narama.

Tokoh Pemuda KNPI dan juga  Ikatan Pemuda Kwamki Narama (IPKN), dengan tegas menyatakan  mosi  tidak percaya terhadap kinerja Kejaksaan Negeri Mimika.

" Hari ini kami sampaikan mosi tidak percaya kepada Kejaksaan Negeri Mimika, karena pilih kasih dalam Penegakan hukum, kenapa kami sampaikan demikian karena banyak kasus di Timika yang tidak disentuh Oleh Kejari Timika beserta jajaranya," ujar Ketua KNPI Kecamatan Kwamki Narama, Awen Magai melalui sambungan telepon selulernya, Senin  (13/6/2022).

Magai mengatakan, Penegakan hukum yang profesional harus melihat kondisi dan stabilitas keamanan masyarakat.  “ Semua orang tau bahwa Kwamki Narama ini sona Merah, lalu kwamki narama merupakan sona perang antar Suku,  jadi Kejaksaan harus perlu kehati-hatian sehingga jangan dengan persoalan ini, akan terjadi konflik  di Distrik Kwamki narama,” tegas  Awen Magai.

Magai mengatakan,Masyarakat akan mendukung langkah Kejaksaan, bila secara marathon Kejari Timika memeriksa semua Dana Desa di setiap Kampung di Mimika.

“ Silahkan saja kalau kampung lain juga diperiksa, Pemuda dan Masyarakat Kwami Narama mendukung penegakan hukum dari Kejaksaan, tetapi kalau hanya kampung bintang lima di distrik Kwamki Narama saja, maka maaf  masyarakat dan pemuda tidak akan percaya dengan penegakan hukum yang dilakukan Kejaksaan Negeri Timika," Ujarnya.

Lanjut Magai, Selaku Pemuda tidak mau melihat kekacauan di kwamki narama, sehingga kejaksaan perlu memiliki pertimbangan dalam penegakan hukum kasus tersebut.

" Tersangka masuk penjara pasti ada hal-hal yang kita tidak inginkan,  bakal terjadi di Kwamki narama, kenapa demikian karena kultur budaya kehidupan Masyarakat di Kwamki Narama tidak dipahami oleh Kejaksaan Negeri Timika,” Jelasnya.

Lebih lanjut Magai menyampaikan, Dalam waktu dekat Masyarakat Kwamki Narama akan menggelar aksi  spontan di Kejaksaan Negeri Timika, meminta Jaksa Agung S.T. Burhanudin agar segerah mencopot Kepala Kejaksaan beserta Kasipidsus dan Kasi Intel di Kejaksaan Negeri Timika.

" Kami Minta Jaksa Agung ST Burhanudin agar segera mencopot Kepala Kejaksaan Negeri Timika beserta jajaranya, karena banyak kasus- kasus besar hilang jalan, ketika ditangani Kejaksaan Negeri Timika sejak dulu," tandas Magai.(Lk/04)


Editor: Jun


Posting Komentar

Google+